Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah-Legislatif PDI P Malang Raya Serahkan Bansos untuk Disabilitas

Kamis, 23 November 2023

sorotmalang.com – Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah bersama anggota legislatif dari PDI P Malang Raya menyerahkan Bansos dari Kementrian Sosial yang dikucurkan sebesar 183 Juta untuk para penyandang disabilitas.

Penyerahan Bantuan secara simbolis ini digelar di rumah rakyat (Gedung DPRD Kota Malang ) Kamis (23/11/23).

Sambutan tuan rumah Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika ,SE,MM( Djoko W)

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE MM dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terimakasih atas bantuan ini. Menurutnya, bantuan ini kontribusi dari Ahmad Basarah, yang disamping sebagai anggota DPR RI ia juga Ketua Fraksi MPR RI dari PDI Perjuangan. Selanjutnya, Menteri Sosial Tri Risma Harini yang menugaskan untuk mendata berbagai kebutuhan para disabilitas.

“Termasuk bantuan dari Fraksi PDI P malang Raya, semuanya hari ini dikumpulkan di sini dan akan diserahkan oleh Ketua MPR RI secara simbolis,” ungkap Made, Kamis (23/11/23).

Penyaluran bantuan kepada penyandang Disabilitas dari Kemensos atas usulan legislatif PDIP.(Djoko W)

Acara penyerahan bantuan kepada kaum disabilitas ini digelar di gedung DPRD Kota Malang. Ketua Dewan pun berharap, hubungan silaturahmi dengan masyarakat tidak berhenti sampai di sini.

Made mengakui seluruh bantuan berasal dari Kementrian Sosial. Sedangkan DPRD hanya membatu mengusulkan nama-nama penerimanya sebanyak 500 Disabilitas.

Sedangkan Tuti yang mewakili Kemensos menjelaskan jika bantuan atensi ini untuk penyandang disabilitas di Kota dan Kabupaten Malang. Yakni berupa uang senilai Rp114.376.000,- dan bantuan kursi roda senilai Rp56.500.000,- alat bantu dengar senilai Rp6.670.000,- bantuan nutrisi senilai Rp3.395.000,- .

Termasuk juga bantuan kewirausahaan pembuatan kue senilai Rp3.834.500,- bantuan untuk servis elektronik senilai Rp2.356.000. Hingga total keseluruhan bantuan senilai Rp183.000.000,-

Kiri : Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE MM,; Supervisor Kluster Disabilitas dan Anak Kemensos RI, Tutik Nuning; Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.( Djoko W)

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dalam kesempatan ini menjelaskan, bahwa dirinya ketika Reses dapat banyak masukan permintaan maupun keluhan. Terutama dari keluarga para penyandang disabilitas. Dimana berbagai keluhan tersebut ia sampaikan langsung ke Mensos.

Selanjutnya bekerjasama dengan anggota legislatif Malang Raya mendata masyarakat disabilitas. Hanya dalam waktu tiga bulan terhimpun 500 usulan. Kesemuanya disetujui oleh Kemensos sekaligus merealisasikannya.

“Ini adalah program Kementrian Sosial untuk membuktikan kehadiran dari Pemerintah. Termasuk bantuan operasi katarak di beberapa Rumah Sakit di Malang dan Blitar,” ucap Basarah.

Wakil Ketua MPR ini sebelum mengakhiri sambutan menghimbau, bagi masyarakat yang mengetahui masyarakat, atau kerabat terdapat disabilitas atau masyarakat yang membutuhkan pelayanan sosial. Ia mempersilahkan menghubungi anggota DPRD Malang Raya. Nanti data tersebut akan diserahkan langsung ke Mensos untuk segera ditindaklanjuti.(Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *