Sambut Liburan, Balekambang Tambah Wahana

sorotmalang.com, MALANG– Sejumlah tempat wisata bersiap diri menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Tidak terkecuali Pantai Balekambang. Destinasi wisata yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang ini telah menyiapkan beragam fasilitas untuk menyambut wisatawan.

Salah satu yang baru adalah flying fox. Sujono, Kasi PAM dan Promosi Unit Balekambang Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang mengatakan wahana flying fox ada sejak beberapa bulan terakhir. Melalui wahana ini, pengelola tidak hanya mengajak wisatawan untuk menikmati pemandangan indah pantai dengan pasir putih tersebut.

“Tapi juga mengajak wisatawan untuk melakukan uji adrenalin, dengan berseluncur menggunakan seutas tali di atas pantai. Flying fox ini fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Berseluncur dari tepi pantai sampai ke area pura. Ini akan menarik, karena menyeberangi tepi pantai,” ungkapnya.

– Advertisement –

Jono, begitu dia akrab disapa mengatakan jika sejak dioperasikan beberapa bulan terakhir, animo pengunjung untuk mencoba cukup tinggi. Alhasil, wahana ini pun sangat diminati. “Untuk sekali luncur pengunjung cukup membayar Rp 20 ribu,” urainya. Dia mengatakan wahana ini sangat aman.

Pengecekan dan perawatan wahana ini dilakukan secara berkala. Selain wahana flying fox, Jono juga mengatakan ada wahana water park di Pantai Balekambang. Wahana ini disiapkan khusus untuk pengunjung anak-anak. Air di wahana ini menggunakan air tawar.

“Bagi orang tua yang kawatir anak-anaknya bermain di pantai bisa dibawa ke water park. Sangat aman,’’ tambahnya. Sekalipun di water park, wisawatan tetap bisa merasakan pemandangan pantai yang indah. Selain itu dikatakan Jono, ada juga spot-spot foto baru yang akan memberikan kesan dan cerita yang berbeda bagi para wisatawan yang berkunjung.

“Di Pantai Balekambang wisatawan bisa menikmati sore nyaman sambil melihat matahari tenggelam,” ungkapnya. Disinggung dengan target kunjungan, Jono menegaskan sekitar 3.500 hingga 5.000 orang. “Melihat kalender libur Natal, perkiraan kami puncak kunjungan ada di hari Minggu tanggal 24 Desember 2023,” ungkapnya.

Sementara untuk libur tahun baru, Jono mengatakan pihaknya mentargetkan jumlah kunjungan mencapai 25.000 orang. Dia yakin target itu dapat tercapai. Salah satu alasannya, adalah sudah berlalunya pandemi Covid-19. “Di sini lengkap. Ada penginapan, parkir luas, pengunjung juga bisa berkemah. Biaya masuk hanya Rp 20 ribu,” tandasnya. (ira/mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *