Pj.Walikota Wahyu Rencanakan Bangun Akses Motor ke Lantai Dua Pasar Comboran Baru

Senin, 15 Januari 2024

sorotmalang.com – Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat berencana akan membangun akses menuju lantai dua di Pasar Comboran Baru Barat dan Timur yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Wahyu mengatakan, hal tersebut merupakan keinginan sebagian pedagang di Pasar Comboran. Yang sebelumnya, para pedagang ini bisa langsung dijangkau oleh pelanggannya saat masih berjualan di pinggir jalan.

Bukan hanya untuk menuju lantai dua saja, rencananya penataan juga akan dilakukan agar kendaraan dapat masuk ke area kios yang ada di lantai satu.

“Permintaan mereka (pedagang) biar gak sulit jadi harus ada akses sepeda motor untuk menuju tempat lokasi (kios atau lapak) mereka termasuk di lantai dua,” jelas Wahyu usai meninjau Pasar Comboran, Minggu (14/1/2024).

Selain itu, dalam tinjauan tersebut dirinya mendapati bahwa Pasar Comboran Baru memang belum berjalan optimal. Terutama di bagian Pasar Baru Timur.

Bahkan di Pasar Baru Timur, area yang berada di lantai dua masih cenderung minim aktivitas. Wahyu mengatakan, aktivitas baru muncul saat ada sebuah event yang digelar.

“Mereka kan jual onderdil sepeda motor nah ini kita bicarakan agar sesuai keinginan mereka agar lantai dua ini tidak mubazir,” kata Wahyu.

Dirinya berencana segera menyusun skema untuk dapat menghidupkan aktivitas ekonomi di Pasar Baru Timur. Terutama di lantai dua yang saat ini masih sangat minim aktivitas. Bahkan cenderung kosong.

“Nanti (di lantai dua) juga bisa buat kopi cangkrukan (tempat nongkrong). Syaratnya sepeda bisa sampai ke atas. Tapi selama ini gak dimanfaatkan. Mudah-mudahan nanti ada solusi kita beri akses itu nanti ya,” terangnya.

Wahyu mengatakan, rencana tersebut tidak mengarah pada sebuah renovasi. Namun hanya penataan dan upaya melengkapi sarana dan prasarana di Pasar Baru Timur.

Sebab, jika akses sudah terpenuhi, dirinya meyakini bahwa aktivitas ekonomi masyarakat akan semakin hidup. Apalagi jika pemenuhan sarpras nya juga sesuai dengan keinginan masyarakat. Baik pedagang maupun pengunjung.

“Hanya menambah sarana saja. Keinginan masy kan biar ada akses, karena selama ini gak ada akses jadi terhambat. Akhirnya biar ada simbiosis mutualisme. Kita beri fasilitas, pedagang bisa hidup, pembeli juga nyaman,” jelas Wahyu.

Sebagai informasi, Pasar Comboran yang dibangun sejak tahun 2002 ini setidaknya berkapasitas 200 pedagang. Dimana pedagang di pasar ini cukup dikenal dan ikonik sebagai penjual barang bekas.(Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *