Pemkab Malang Bagi BLT DBHCHT

sorotmalang.com, MALANG– Pemkab Malang siap mencairkan Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2023. Kesiapan itu disampaikan Bupati Malang, HM Sanusi saat membuka rakor pendamping sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

Program untuk PKH ini terkait hasil verifikasi dan validasi calon penerima DBHCHT Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2023 di Hall Hotel Grand Miami Kota Kepanjen, Rabu (23/11) siang.

Sanusi menyebutkan, alokasi DBHCHT untuk BLT ini diberikan kepada penerima yang telah ditetapkan melalui verifikasi dan validasi data, berdasarkan kriteria khusus, yakni kepada buruh tani tembakau dan juga buruh pabrik rokok. Dia juga menyebutkan total penerima BLT DBHCHT di Kabupaten Malang sebanyak 28.604 orang.

Terdiri buruh tani tembakau sebanyak 2.377 orang dan buruh pabrik rokok sebanyak 26.227 orang. Seiring dengan jumlah penerima yang banyak tersebut, dibutuhkan kesepakatan untuk pencairan. Hasilnya adalah pencairan BLT DBHCHT ini dibagi dua.

Pencairan kepada buruh pabrik rokok dilakukan melalui Bank Jatim. Sedangkan untuk buruh tani tembakau penyalurannya dilakuan melalui PT. Pos Indonesia. Dia juga berharap penyaluran BLT DBHCHT Kabupaten Malang tahun anggaran 2023 dapat dilaksanakan dengan baik, lancar, dan tepat sasaran. (ira/mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *