Overlay Jalan Mangliawan – Malang

SorotMalang : Beberapa hari terakhir di Jalan Raya Mangliawan, Kecamatan Pakis terlihat pemandangan berbeda. Terutama di malam hari banyak truk-truk berhenti di tepi jalan. Bukan untuk protes, tapi truk-truk itu membawa material pasir dan aspal, yang digunakan mengaspal jalan tersebut.

Ya, jalan yang saat ini telah berubah status menjadi jalan Provinsi Jatim ini dioverlay, agar mulus sehingga warga pun nyaman berkendara. “Kami mengerjakan malam hari untuk meminimalisir terjadi kemacetan. Mengingat Jalan Mangliawan ini merupakan jalan poros dengan volume kendaraan sangat padat,’’ kata Agus salah satu pekerja.

Dia juga mengatakan pengaspalan jalan ini merupakan kelanjutan dari Jalan Raya Pandanwangi, Kecamatan Blimbing. “Ini terus berlanjut sampai ke Tumpang,’’ katanya. Sementara itu, pekerjaan pembenahan jalan itu sendiri mendapatkan respon positif dari warga.

Dengan kondisi jalan yang mulus ini, warga pun berharap memberikan dampak potitif terhadap kesejahteraan masyarakat. Dimana Jalan Mangliawan sendiri merupakan jalan poros, dan menjadi akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru (BTS).

“Dengan jalan yang mulus, diharapkan warga disini mendapatkan imbas. Warung dan toko-toko disini banyak dikunjungi pembeli. Artinya ada perputaran ekonomi, yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,’’ ungkap Wdi Wijaya.

Edi mengatakan, jika di Jalan Raya Mangliawan sendiri selama ini jarang terlihat mulus. Ada saja lubang di badan jalan tersebut. Kondisi tersebut membuat tidak nyaman para pengendara kendaraan, dan sangat rawan terjadi kecelakaan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *