Mappilu PWI Malang Raya Hadiri Konsolidasi Nasional, Bawaslu

Jakarta, 29 Desember 2023

sorotmalang.com – Konsolidasi nasional para pemantau Pemilu digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia. Acara dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu RI, tengah malam kemarin, Kamis (28/12/23). Diikuti oleh hampir 100 lembaga tersertifikasi dari seluruh Indonesia.

Menurut Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja SH LL M, pihaknya memposisikan diri sebagai penyelenggara kedua dalam Pemilu. Dimana fungsi pokoknya ialah memastikan penyelenggara pertama, melakukan tugasnya dengan baik dan benar. Pihak pertama yang ia maksud adalah KPU, dan Bawaslu sendiri sebagai pihak kedua yang membutuhkan berbagai pihak sebagai pemantau.

“Konsolidasi ini sebagai ajang saling menguatkan bersinergi antara pengawas dan pemantau,” ungkap Rahmat, di Hotel Ibiz Jakarta pusat.

Sambutan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja SH LL M(ist)

Ia meyakini keterlibatan lembaga pers dalam memantau akan sangat berperan dalam menyehatkan penyelenggaraan Pemilu. Tentunya, dengan masih mengedepankan kode etik jurnalistik hal tersebut dapat berjalan sesuai harapan. Terutama ketika menyebarkan informasi dan memberitakan yang didapat di lapangan.

Rahmat berharap, peran wartawan dalam menyebarkan edukasi segala macam potensi penyimpangan kepada publik, akan dapat meredam kecurangan. Di mana di ranah pemberitaan, pihak Bawaslu sendiri berkomitmen tidak akan interfensi terlalu jauh.

“Konsolidasi ini sendiri sebagai ajang sharing pengawasan di lapangan agar pemberdayaan pemantauan Pemilu berjalan seiring,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ferdinan Eskol selaku Deputi bidang adminitrasi Bawaslu RI, menyampaikan, konsolidasi ini mengundang 98 lembaga. Diantaranya 42 lembaga pemantau Pemilu nasional, 23 lembaga pemantau yang telah terakreditasi Bawaslu Provinsi dan 33 lembaga pemantau yang telah terakreditasi di Bawaslu Kabupaten/Kota.

Termasuk diantara lembaga pemantau yang terakreditasi di tingkat kota ialah Pengawas Independen Jaringan Aspirasi Rakyat (PIJAR). Serta Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (MAPPILU) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya.(Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *