KTP Digital Masih Belum Digunakan Penuh : Masyarakat Mengeluh

SorotMalang : Pemerintah telah menggalakkan penggunaan KTP Digital sejak tahun 2022. Namun, hingga saat ini, KTP Digital masih belum digunakan secara penuh di sejumlah kantor pelayanan pemerintah.

Hal ini menimbulkan keluhan dari masyarakat, terutama mereka yang sudah mengaktifkan KTP Digital. Mereka merasa dirugikan karena masih harus membawa fotokopi KTP fisik saat mengurus administrasi di berbagai layanan.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Teguh Setyabudi, mengatakan bahwa penerapan KTP Digital secara bertahap. Penerapannya dimulai dari pegawai Ditjen Dukcapil, kemudian merambah ke aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota, ASN di kementerian/lembaga tingkat pusat, ASN seluruh Indonesia, dan mahasiswa/pelajar di kampus atau sekolah.

Hingga saat ini, aktivasi KTP Digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) telah mencapai angka 4,1 juta.

Teguh menjelaskan bahwa KTP Digital belum menggantikan peran KTP elektronik (KTP-el) fisik di berbagai layanan karena pemerintah masih fokus pada penguatan infrastruktur dan aspek pengamanan.

“Kita sedang fokus pada penguatan infrastruktur dan juga aspek pengamanan,” ujar Teguh. “Sambil juga bersinergi dengan stakeholder lain untuk optimalisasi pemanfaatan atau utilisasinya.”

Teguh menambahkan, di masa mendatang, KTP Digital diharapkan dapat menggantikan KTP-el fisik. Sebab, semua pelayanan administrasi kependudukan akan dilakukan melalui IKD, dan aplikasi digital ini rencananya akan diintegrasikan dengan sistem electronic know your customer (e-KYC).

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah untuk mempercepat penerapan KTP Digital:

Meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang KTP Digital.
Menyediakan infrastruktur dan perangkat pendukung yang memadai untuk penggunaan KTP Digital.
Mengintegrasikan KTP Digital dengan sistem e-KYC.
Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan KTP Digital dapat segera digunakan secara penuh di seluruh kantor pelayanan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *