KPU Kabupaten; Butuh 54.317 Orang KPPS

sorotmalang.com, MALANG- Pemilu 2024 mendatang, KPU Kabupaten Malang membutuhkan 54.327 orang KPPS. Mereka akan melaksanakan tugas selama satu bulan. Yakni sejak Januari 2024  sampai dengan 25 Febuari 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Malang Marhaenra Pramudya Mahardika mengatakan banyaknya anggota KPPS yang dibutuhkan seiring dengan bertambahnya jumlah TPS di Kabupaten Malang.

“Total TPS sebanyak 7.761. Masing-masing-masing TPS diisi tujuh KPPS. Dengan rincian satu ketua dan enam lainnya anggota,’’ katanya. Mahardika mengatakan petugas KPPS ini menyiapkan seluruh teknis pelaksanaan pemilu.

Mulai dari koordinasi dengan KPU, menyiapkan area pelaksanaan Pemilu, sampai hari H pelaksanaan, juga pemberkasan setelah Pemilu berakhir. Banyaknya jumlah KPPS inipun sudah disosialisasikan kepada masyarakat bersamaan dengan sosialisasi pendaftaran KPPS.

Melalui media sosial dan website KPU Kabupaten Malang, melakukan sosialisasi tentang pendaftaran KPPS. Dia juga mengatakan dengan sosialisasi yang dilakukan jauh hari sebelum mendaftaran dilaksanakan, diharapkan berdampak dengan banyaknya orang yuang mendaftar.

Pendaftaran KPPS secara resmi akan diumumkan pada tanggal 11-15 Desember 2023. Lalu disusul dengan penerimaan berkas pendaftaran tanggal 11- 20 Desember 2023 mendatang. “Dilanjutkan dengan penelitian administrasi calon anggota KPPS tanggal 11-22 Desember,’’ katanya.

Pengumuman hasil penelitian admninistrasi calon anggota KPPS akan dilakukan tanggal 23 -25 Desember.  “Dari hasil pengumuman yang kami sampaikan, kami menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat. Tanggapan dan masukkan itu dapat dilakukan pada tanggal 23 – 28  Desember,” tambahnya. (ira/mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *