Khidmat, Penuh Suka Cita – Malang Posco Media

sorotmalang.com – Natal di Malang Raya berlangsung khidmat dan suka cita. Dengan situasi yang sangat aman dan kondusif, ibadah Natal di berbagai gereja yang ada di Kota Malang Raya pun berjalan lancar. Misalnya seperti di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Ijen Kota Malang. Seluruh jemaat termasuk anak anak mengikuti rangkaian misa yang digelar pada, Senin (25/12) kemarin.

“Sekarang pandeminya sudah selesai jadi ada anak anak lebih berkreasi lagi. Lebih meriah lagi perayaan natal tahun ini. Jadi anak anak lebih ‘have fun’, sekarang bisa kumpul sama teman teman tidak dibatasi. Mereka juga lebih semangat kalau ke gereja ketemu teman temannya,” terang Fajar jemaat asal Landungsari yang membawa dua anaknya ketika misa kemarin.

Perayaan natal di Gereja Katedral Ijen ini pun diikuti antusias oleh umat Katholik hingga jemaatnya meluber hingga luar gereja. Menurut Heru, kapasitas gereja sendiri hanya mampu menampung sebanyak 600 hingga 700 orang saja. Namun pada kenyataannya, yang hadir pada natal kali ini diperkirakan bisa mencapai ribuan.

– Advertisement –

“Memang peminat atau umat yang hadir sungguh luar biasa diluar prediksi. Apalagi memang yang pertama sungguh luar biasa yang hadir, termasuk juga pada hari ini (kemarin) juga. Yang pasti dari panitia juga bekerjasama semaksimal mungkin untuk mempersiapkan acara natal selama dua hari, terutama persiapan dari sisi sarana tempat duduk,” terang Seksi Peribadatan Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel, Heri Bertus Heru.

Di Kabupaten Malang, rangkaian perayaan suka cita natal dimulai pada, Minggu (24/12) lalu. Ada ratusan gereja juga kapel yang jemaatnya khidmat melangsungkan peribadatan, di antaranya misa malam natal. Pengamanan juga dilakukan oleh kepolisian dan aparat terkait demi kelancaran ibadah umat nasrani. Salah satunya di Desa Landungsari Kecamatan Dau.

‘’Berkat tersendiri bisa merayakan natal di Kapel mulai kemarin. Cukup ramai dan semua cuka cita. Ini juga karena sudah sekitar tiga setengah tahun tidak bisa misa, warga senang. Terutama orang tua, kami merasa punya tempat,” ujar salah seorang umat Katolik Landungsari Ignatius Sudarmadji kepada Malang Posco Media, Senin (25/12).

Dari data kepolisian Polres Malang, sedikitnya ada 248 pelaksanaan ibadah natal tahun 2023 hingga awal 2024. Ratusan agenda dalam menyambut natal yang diselenggarakan sejak tanggal 24 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

PJ Walikota Batu Aries Agung Paewai, bersama Forkopimda dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) melakukan kunjungungan dan melihat secara langsung jalannya ibadah Natal di sejumlah gereja. Hadir dalam kegiatan ini Asmadi (Ketua DPRD Kota Batu), AKBP Oskar Syamsudin (Kapolres Batu), Mayor Arh M. Ridwan (Pabung Kodim 0818/Kab. Malang-Batu), M. Yanuar F (Kasi Intelijen Kajari Batu), Agoes Mahmudi (Kadishub Pemkot Batu), Eko Suhartono (Plt. Kasatpol PP) dan Rubai (Ketua FKUB Kota Batu).

“Alhamdulillah dari pemantauan kami, ibadah Natal malam ini berjalan aman dan kondusif. Dan saya berharap jemaat Kristiani mendoakan agar Kota Batu selalu aman, damai dan tertib,” ujar Aries.(ian/tyo/eri/lim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *