Kasdim 0833 Hadiri Peringatan Hari Bela Negara dan Hari Ibu Tahun 2023

Jum’at, 22 Desember 2023

sorotmalang.com – Kasdim 0833/Kota Malang Mayor Arm Chairul Effendi, menghadiri Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 dan Hari Ibu Ke-95 tahun 2023.

Bertempat di Depan Halaman Balaikota Malang, Jalan Tugu No. 01, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jum’at (22/12/2023).

Upacara Peringatan Hari Bela Negara dan Hari Ibu dengan tema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju dan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

Bertindak sebagai Irup Upacara, Pj. Wali Kota Malang Dr.Ir.Wahyu Widayat, MM, dan sebagai Komandan Upacara, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Malang Ibu Yuyun Nanik Ekowati S.STP, M.Si.

Dalam sambutan yang dibacakan PJ. Walikota Malang Dr.Ir.Wahyu Widayat, MM menyampaikan, sebagai bangsa yang besar, saat ini kita dihadapkan pada dinamika perkembangan situasi yang telah menciptakan spektrum ancaman yang kian kompleks, terus berubah, dan sulit diprediksi. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. pandemi, konstelasi geopolitik-ekonomi global, revolusi teknologi, krisis iklim yang mana ini semua membawa dampak risiko ketahanan negara maupun ancaman stabilitas.

Tentu tantangan ini harus disikapi secara adaptif dan responsif, sebagaimana amanat yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia pada 19 Desember lalu, bahwa jiwa bela negara adalah pilar utama yang harus kita pegang teguh yang menjadikan kita tangguh dan
cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

“Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan tetapi juga membutuhkan penigkatan kesadaran dan pelibatan aktif seluruh elemen masyarakat. ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan negara kesatuan republik Indonesia,” ucapnya.

Peringatan hari Ibu menjadi sebuah momen agar para perempuan dapat terus mengembangkan kapasitas dan perannya menjadi kesempatan agar perempuan Indonesia dapat terus bersuara menyampaikan aspirasi, gagasan dan ide-ide untuk kemajuan bangsa.

“Sebab perempuan adalah sosok berdaya yang memiliki hak sama untuk berbicara dan didengarkan,” ucapnya.

Sementara itu Kasdim 0833/Kota Malang Mayor Arm Chairul Effendi, menyampaikan ucapan selamat hari Ibu.

Peringatan hari ibu bukan hanya tentang merayakan peran perempuan dalam lingkup keluarga. Namun lebih jauh dari itu, perempuan adalah agen perubahan yang telah aktif berkontribusi dalam setiap perubahan dan dinamika yang mendorong kemajuan bangsa.

“Perempuan berperan membawa perubahan positif serta merangsang semangat revolusi yang membantu mencapai tujuan pembangunan,” pungkasnya.(Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *