Jalan Terang Pasar Besar Malang, Pj Wali Kota Intens Konsultasi ke Kemen PUPR

Rabu, 17 Januari 2024

sorotmalang.com – Proses renovasi Pasar Besar Malang sepertinya semakin menunjukan jalan terang. Hal tersebut disampaikan oleh Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. Menurutnya, hal itu juga follow up dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Malang beberapa waktu lalu.

“Yang sudah mulai ada progres itu memang pasar. Kemarin saat Presiden datang, itu kami sudah menyampaikan kepada beliau beberapa hal,” ujar Wahyu.

Dirinya mengatakan bahwa hal tersebut juga langsung ditindaklanjuti oleh Dirjen Cipta Karya dan Direktur Prasarana Strategis Kemen PUPR. Yang rencananya akan mengeksekusi terkait dengan kelengkapan sarana dan prasarana (sarpras).

PJ. Walikota Wahyu Hidayat ( Djoko )

“Sarpras yang memang Pemda ini tidak mampu (merealisasikan. Dan nilainya di atas Rp 20 Miliar,” imbuh Wahyu.

Selain itu, dalam waktu dekat Kemen PUPR juga dijadwalkan meninjau lokasi Pasar Besar Malang. Untuk kemudian dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Mereka (Kemen PUPR) sudah bilang ke kami bahwa sudah melihat kondisi Pasar Besar Malang dan akan ditangani,” kata Wahyu.

Dalam hal ini, Wahyu menilai bahwa Pasar Besar Malang memang perlu segera mendapat penanganan serius. Apalagi pada lokasi yang terdampak kebakaran beberapa waktu lalu.

“Karena memang sudah lama pasca kebakarannya itu dan kondisinya juga tidak memungkinkan,” jelas Wahyu.

Dirinya belum dapat banyak memastikan bagaimana konsep renovasi Pasar Besar Malang. Termasuk apakah nantinya, perbaikan hanya dilakukan sebatas renovasi, atau membongkar keseluruhan gedung.

“Harapannya nanti ke depan kita bisa seperti pasar induk yang ada di Batu. Nanti konsepnya green building, jadi gak perlu nanti dengan AC tapi akan diperbanyak buka-bukaannya,” pungkas Wahyu.

Selain itu dirinya juga masih belum dapat memastikan terkait berapa besar anggaran yang dibutuhkan. Pihaknya akan berkonsultasi lebih lanjut dengan pihak Kemen PUPR.

Terutama terkait kemungkinan kapasitas renovasi yang bakal dilakukan. Sebab, hal itu juga akan menentukan besaran anggaran yang bakal digelontorkan dalam proses pelaksanaannya.

“Belum, kita sudah menghitung tapi nanti dikonsultasikan lagi. Kita kalau itu kan menyiapkan yang bongkar total, ada yang untuk renovasi,” pungkas Wahyu.(Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *