Disperindag; Gelar Pelatihan Batik Cap

sorotmalang.com, MALANG- Beragam program akan dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang di tahun 2024. Salah satunya menggelar pelatihan batik cap untuk para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Kabupaten Malang.

Kepala Disperindag Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi mengatakan pelatihan batik cap ini merupakan tindaklanjut usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 lalu. Selain mengembangkan budaya batik, pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas SDM dalam industri batik cap.

– Advertisement –

“Rencana awal, pelatihan ini menyasar pada pelaku IKM, atau orang yang sudah memiliki usaja batik atau perajin batik. Kuota pesertanya 30 orang yang tinggal di Sumberpucung, Kromengan dan Kalipare,” tambahnya. Mahila mengatakan jika pelatihan batik cap ini sendiri sangat penting digelar.

Selain untuk penguatan SDM para perajin batik, juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya batik. Terlebih, batik mendapat penghargaan dari Unesco di tahun 2009 lalu sebagai warisan dunia. “Meski batik cap, tapi untuk membuatnya dibutuhkan keahlian. Ada Teknik yang harus dilakukan agar hasilnya rapi,” tambahnya.

Dia menambahkan, batik cap adalah batik yang diproduksi menggunakan canting cap.  “Harapannya, usai pelatihan ini, para pelaku IKM dapat menemukan motif batik baru. Sehingga akan menjadi identitas suatu wilayah dan tetap terlestarikan sebagai warisan budaya Indonesia,” tandasnya. (ira/mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *