Dinkes Geber Pemberian Vaksin Polio

sorotmalang.com, MALANG–Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di Kecamatan Pakis mendapat sambutan antusias warga. Itu terbukti, dua hari pelaksanaan Sub PIN Polio 5.857 anak yang sudah mendapatkan vaksin polio.

“Alhamdulillah, selama dua hari ini pelaksanaan Sub PIN Polio berjalan lancar. Banyak orang tua antusias, mengikusertakan anaknya mendapatkan vaksin polio,’ kata Penanggung Jawab UKM Puskesmas Pakis, Yunisworo Budhiwan S.ST.

– Advertisement –

Dihubungi Malang Posco Media, Yunis mengatakan sasaran Sub PIN Polio di Kecamatan Pakis mencapai 16.298 anak. Mereka berusia 0-7 tahun. “Perhari ini (kemarin) yang sudah tervaksin 5.857 anak. Atau sudah 35 persen sasaran yang sudah mendapatkan vaksin,’’ katanya.

Dia menyebutkan, untuk pelaksanaan Sub PIN Polio  sendiri dilakukan di semua posyandu se Kecamatan Pakis. Selain itu juga dilaksanakan di sejumlah lembaga sekolah PAUD, TK dan SD. “Karena sasarannya adalah 0-7 tahun, maka juga dilaksanakan di sekolah-sekolah. Siswa SD yang kelas 1 atau yang duduk di kelas 2 tapi usianya masih 7 tahun juga mendapatkan vaksin polio,’’ tambah Yunis.

Dia mengatakan untuk pelaksanaan Sub PIN Polio diberikan oleh para tenaga medis. Juga bidan desa dan perawat desa. “Setiap desa ada 3-4 tenaga medis yang dikerahkan untuk pelaksanaan Sub PIN Polio ini,’’ tambahnya. Termasuk Kepala Puskesmas Pakis drg Prima Puspito Rini juga terlibat langsung pelaksanaan Sub PIN Polio.

“Putaran pertama digelar tanggal 15-21 Januari 2024 dan putaran ke dua digelar 19 – 25 Febuari 2024. Kami yakin, mencapai target sasaran,’’ tandasnya. Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Wiyanto Wijoyo MM Kes mengatakan sasaran Sub PIN Polio untuk Kabupaten Malang sejumlah 295.751 anak.

Jumlah tersebut bersdasarkan Supas (Survei Penduduk Antas Sensus) tahun  2022  lalu. Dengan usia anak 0-7 tahun 11 bulan. “Dua hari ini sudah dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Pelaksanaanya di Posyandu, juga sekolah,’’ katanya. Dokter Wie, sapaannya mengatakan vaksin polio ini diberikan sebagai upaya pencegahan terhadap polio.

“Bagi orang tua yang memiliki anak usia 0-7 tahun atau kurang dari 8 tahun agar segera datang ke posyandu atu sekolah-sekolah untuk mendapatkan vaksin polio. Kegiatan ini gratis,’’ tandas mantan Kepala Puskesmas Poncokusumo ini. (ira/mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *