Dikunjungi Dubes Inggris, CEO KEK Singhasari Bangga

Malang Posco Media, Malang – Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Dominic Jermey  melakukan kunjungan ke  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari di Kabupaten Malang Rabu (13/12). Kedatangannya untuk meninjau langsung perkembangan kolaborasi sinergi antara King’s College London (KCL) dan KEK Singhasari. Seperti diketahui, King’s College London (KCL) merupakan salah satu universitas di Inggris yang melakukan kolaborasi dengan KEK Singhasari. 

CEO KEK Singhasari, David Santoso menyatakan kolaborasi lembaga pendidikan yang sudah terbentuk tersebut akan memulai kegiatan pembelajaran di September tahun 2024 mendatang.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Dominic Jermey  dan  CEO KEK Singhasari, David Santoso   di area KCL KEK Singhasari.

“Kami merasa sangat bangga dan terhormat dengan kehadiran beliau. Terlebih ini  merupakan kunjungan pertama beliau ke Jawa Timur sebagai Duta Besar Inggris.   KEK Singhasari menjadi titik pertama dalam kunjungan beliau ke wilayah Jawa Timur,” kata  David Santoso.

Pengusaha ramah ini menambahkan, sejak MoU antara KEK Singhasari ditandatangani dia selalu melaporkan perkembangan tahapannya. Termasuk tentang  fasilitas yang ada di KCL juga selalu dilaporkan.

David juga menguraikan dalam kunjungan ini juga dilakukan  virtual meeting bersama dengan pihak King’s College London dan Duta Besar Indonesia di London.

“Bupati Malang dan Wakil Gubernur Jawa Timur juga ikut dalam virtual meeting,” ungkapnya.

Bagaimana

 perkembangan pembangunan King’s College London di wilayah KEK Singhasari? David menjelaskan, sudah dibentuk yayasan pendidikan yang akan dipergunakan untuk mengajukan izin secara resmi.

David juga mengatakan untuk  fasilitas sudah di lebih  50 persen. Targetnya pembangunan fasilitas selesai bulan Juli 2024. Paling bulan Agustus 2024. Kemudian dilanjutkan dengan  penerimaan mahasiswa.

 Dia juga mengatakan untuk  tahun pertama mahasiswa yang akan diterima sebanyak 100 orang. Mereka  akan memulai perkuliahan bulan September 2024. Dan akan ada dua program studi yakni digital economi dan digital future yang dapat dipilih.

Dipaparkan, KCL akan terus berkembang dan targetnya adalah memiliki 700 mahasiswa di tahun kelima.

 Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Dominic Jermey menyatakan senang mengunjungi KEK Singhasari.

“Saya mendapat kehormatan untuk memperkenalkan diri sebagai Duta Besar Inggris yang baru. Saya telah mendiskusikan bidang-bidang yang memiliki potensi kerjasama dengan KEK Singhasari termasuk pengembangan proyek pendidikan  King’s College London yang didukung oleh pendanaan Global Partnerships dari British Council,” ungkapnya.

Ditambahkan,adanya kerjasama transnasional tersebut  akan memberikan manfaat bagi pelajar Indonesia khususnya yang berasal dari Malang untuk mendapatkan peluang pendidikan internasional yang terkemuka secara global di Jawa Timur.

“Saya sangat bangga melihat kemajuan yang sudah dibuat di KEK Singhasari ini dan ini lokasi yang sangat indah di Jawa Timur yang nantinya akan melahirkan sebuah generasi muda Indonesia yang akan belajar di salah satu universitas terbaik Inggris yakni King’s College London,” tegasnya. Ia juga melakukan penanaman pohon di lingkungan KCL yang ada di KEK Singhasari. (ira/nug)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *