Depot Arsip Kota Malang Rampung Akan Dioperasikan Desember Ini

Senin, 11 Desember 2023

sorotmalang.com – Depot Arsip Kota Malang direncanakan bisa diresmikan pada Desember 2023 ini. Dan jika telah diresmikan, selanjutnya bangunan berlantai tiga di kawasan Islamic Center juga diharapkan bisa segera dioperasionalkan.

Kanan Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang Yayuk Hermiati(Djoko W)

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang Yayuk Hermiati mengatakan, pembangunan Depot Arsip Kota Malang itu pun juga telah rampung. Namun untuk peresmiannya masih akan menunggu waktu.

“Desember ini rencana diresmikan. Kita cari waktunya,” ujar Yayuk singkat.

Depot Arsip tersebut akan menjadi fasilitas kearsipan terbesar di Kota Malang. Dan salah satunya bakal digunakan untuk menampung dan menyimpang jutaan arsip berharga yang dimiliki Kota Malang

Selain itu menurut Yayuk, nantinya depot arsip itu juga akan memiliki fungsi mengalih mediakan arsip. Dimana hal itu juga juga sesuai dengan standar kearsipan. Setidanya nanti akan ada sebanyak 9 orang arsiparis yang bakal bertugas mengalihmediakan arsip fisik ke bentuk digital.

Ia mengatakan, ada beberapa kriteria terkait arsip yang nanti akan disimpan di depot arsip. Kriteria yang utama adalah berhaga arsip yang usianya lebih dari 10 tahun.

Beberapa arsip penting seperti data pemerintahan, dokumen sejarah, dan lain lain menjadi arsip yang bisa di masukan dan disimpan ke depot arsip. Ia juga telah meminta kepada seluruh OPD untuk memilah arsip yang dinilai berharga.

“Kami sudah minta seluruh perangkat daerah memilah arsip berharga mereka. Yang usia sudah lebih dari 10 tahun bisa langsung dibawa ke Depot Arsip. Ini yang sudah banyak kita terima arsip arsip dari DPUPRPKP. Arsip seperti IMB,” terang Yayuk.

Selebihnya sosialisasi penyimpanan arsip berharga Kota Malang akan terus digencarkan. Karena penyimpanan arsip berharga sangat penting untuk menjaga big data Kota Malang.(Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *