Creatopreneur Festival: Universitas Brawijaya Menyulap Ide Bisnis Mahasiswa menjadi Peluang Investasi

Kamis, 7 Desember 2023

sorotmalang.com – Universitas Brawijaya memiliki komitmen tinggi dalam pengembangan kemampuan kewirausahaan mahasiswa. Penyelenggaraan expo kewirausahaan “Creatopreneur Festival” sebagai bukti keseriusan Universitas Brawijaya dalam melaksanakan program wirausaha merdeka.

Kegiatan yang melibatkan 400 mahasiswa dari 48 Universitas Mitra berhasil menjadi platform yang mempertemukan para mahasiswa dengan dunia bisnis dan investasi.

Kegiatan expo ini, berhasil menarik perhatian lebih dari 300 pengunjung serta 30 investor bisnis yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kota Malang.

Kegiatan yang menawarkan 185 konsep bisnis telah melalui proses inkubasi selama 4 bulan dibawah binaan Direktorat Inovasi Kawasan Sains Teknologi Universitas Brawijaya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 Desember 2023 meninggalkan kesan tersendiri bagi para peserta.

Tenan Makaronimu diserbu pengunjung (Djoko W)

Yoga owner Makaronimu menyampaikan “Saya senang sekali mengikuti kegiatan ini, selain membantu untuk mengenalkan produk usaha, saya juga berkesempatan bertemu investor. Beberapa investor tertarik untuk mendanai dan berkolaborasi dengan bisnis saya,sungguh ini diluar perkiraan,” ucapnya.

Sedikitnya terdapat 8 bisnis yang telah ditarget oleh investor untuk dilakukan kerjasama lebih lanjut. Pengalaman untuk dilibatkan kolaborasi dengan investor juga dirasakan oleh Sandy Mustika sebagai pemiliki brand thronesaurus yang menyediakan jasa event untuk pengembangan kemampuan anak.

“Saya tidak menyangka ada beberapa investor yang berkunjung langsung ke stand kami. Beberapa sudah ada yang menghubungi untuk mengajak berkolaborasi bisnis, ini menjadi pengalaman pertama bagi saya dan teman-teman Thronesaurus.”

Dengan suksesnya Creatopreneur Festival, Universitas Brawijaya memberikan inspirasi dan motivasi bagi perguruan tinggi lainnya untuk terus mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Rektor UB, Prof. Widodo yang sekaligus membuka acara menyampaikan, expo ini bagian penting dalam rangka menumbuhkan ekosistem dunia usaha dan industri di Indonesia. UB sebagai entrepreneur university perlu ada spirit wirausaha.

“Di dalam situ ada kemampuan kita membaca peluang dan spirit wirausaha. Apapun yang akan dijalani ke depan maka spirit enter menjadi bagian penting dalam mengembangkan diri. Ada kreativitas, inovasi, dan dapat mengambil hikmah dari berbagai permasalahan yang dihadapi itu jiwa entrepreneur,” ungkap Rektor.(Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *