BLK Singosari Gelar Job Market Fair, Hadirkan 1.742 Lowongan Kerja

Malang Posco Media, Malang – UPT BLK Singosari kembali menggelar Job Market Fair. Acara ini digelar di halaman UPT BLK Singosari, Selasa (28/11) dengan melibatkan lebih dari 50 perusahaan dan mendatangkan ribuan para pencari kerja di Malang raya dan sekitarnya.

Kepala PLT BLK Singosari, Isman Widodo AP MM mengatakan Job Market Fair 2023 merupakan wadah yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat, utamanya para pencari kerja. Di sini, mereka akan dipertemukan langsung dengan perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.

“Ada 50 perusahaan yang langsung membuka stand dan tujuh perusahaan yang titip menerima lamaran. Dari 50 perusahaan ini tersedia 1.574 lowongan dan tujuh perusahaan sebanyak 168 lowongan. Sehingga total tersedia 1.742 lowongan, baik dari wilayah Malang raya, maupun di sekitarnya seperti Surabaya, Sidoarjo dan Gresik,” ujarnya.

Dari ribuan lowongan yang tersedia dalam agenda Job Market Fair 2023 di BLK Singosari tersebut, diakui oleh Isman wilayah Malang raya masih didominasi oleh sektor perdagangan dan jasa, pariwisata serta pendidikan. Sedangkan untuk Surabaya dan Pasuruan biasanya lebih banyak manufaktur.

Diakui olehnya event seperti ini tidak dilaksanakan secara rutin setiap tahun karena harus dibagi dengan BLK lainnya. Tahun ini sendiri, di wilayah Jatim hanya enam BLK yang melaksanakan yang mewakili wilayah. Yakni BLK Kediri menjangkau wilayah selatan, Tuban wilayah pantura, Mojokerto wilayah barat, serta Singosari, Surabaya dan Pasuruan yang mewakili wilayah industry.

Namun dengan dibukanya kembali Job Market Fair tersebut, ia berharap bisa membantu para pencari kerja di Malang Raya serta mengurangi jumlah pengangguran. “Kami harap tahun depan Job Market Fair bisa dilaksanakan kembali di Malang karena memang kegiatan ini real dan bermanfaat untuk masyarakat. Termasuk juga mewadahi alumni atau lulusan BLK. Yang pada akhirnya mereka bisa terserap ke perusahaan atau industri.,” pungkasnya. (sir/nda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *