98 SD/MI Tingkat Jatim Adu Aksi XII di MTs Almaarif 01 Singosari

Sabtu, 16 Desember 2023

sorotmalang.com – Mengulang sukses Gelar Olimpiade dan Lomba Seni tingkat SD/MI se – Jawa Timur, MTs Almaarif 01 Singosari kembali gelar ajang kreativitas dan seni melalui Aksi XII.

Pada gelaran Aksi ini, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Almaarif 01 Singosari, Kabupaten Malang menyiapkan hadiah trophy, serta Hadian pembinaan hingga puluhan juta rupiah.

Kepala MTs Almaarif 01 Singosari, Dwi Retno Palupi, MPd,. (Djoko W)

Kepala MTs Almaarif 01 Singosari, Dwi Retno Palupi, MPd,. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang bakti Madrasah Tsanawiyah Almaarif 01 Singosari.

Selain itu Palupi menyebut
pada gelaran Aksi ajang Kreativitas dan Seni ini diikuti 2081 siswa siswi dari 98 SD/MI Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, Sidoarjo, Pandaan, Nganjuk, Lamongan dan Blitar.

Peserta serius ikuti lomba Tenes meja dan catur dua dari 15 cabang yang dilombakan (Djoko W)

“Khusus untuk hadiah uang pembinaan dan voucher PPDB, diberikan kepada juara 1, 2 dan 3,” ucapnya. Sabtu ( 16/12/23).

“Sebenarnya ini acara dua tahunan karena banyak yang mendesak dan memberikan saran maka tahun 2023 ini bisa kita gelar dua kali, memperlombakan 15 cabang lomba diantaranya: Catur, Kaligrafi, Menyanyi Islami, Dai Cilik, Pidato Bahasa Inggris Puisi, Tenis meja, MTO, Tahfidz,
Melukis, Gobak Sodor, Banjari,
Sandi Morse Semaphore dan
Lomba Mapel,” beber Palupi.

Pelepasan burung merpati diisyaratkan MTs Almaarif 01 Singosari akan menjulang semakin tinggi kesuksesannya.(Djoko W)

Dari 15 cabang lomba tersebut, ada dua yang baru yakni Gobak sodor dan Semaphore.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk menjalin silaturahmi. Sekaligus memberikan wadah bagi para siswa-siswi untuk berkompetisi dan menunjukkan potensinya masing-masing,” tambahnya lagi.

Selain itu juga sebagai ajang untuk menggali potensi anak-anak di bidang ilmu pengetahuan, agama, bahasa dan seni,” tukasnya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Drs H Suib(Djoko W)

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang, Drs H Suib mengaku sangat kagum dan bangga terhadap MTs Almaarif 01 Singosari. Karena memiliki strategi yang berbeda dalam merekrut siswa-siswa yang berprestasi untuk masuk di sekolah ini.

“Strategi yang diterapkan di Almaarif ini tentunya bisa ditiru dan diterapkan oleh Madrasah lainnya sehingga bisa menjawab atas kebutuhan siswa,” ucapnya.

Menurut Suib, menggelar acara semacam ini tentu tidak mudah. Apalagi ada 15 cabang lomba, mulai dari bidang akademik, seni hingga olahraga semua tercakup.

“Sehingga harapannya bisa menjadi role model bagi Madrasah lainnya dalam mencari murid atau perekrutan siswa berprestasi,” tandasnya.

Pengawas Bina MTs Almaarif 01 Singosari, Drs. H. Zainuri, MA(Djoko W)

Senada, Pengawas Bina MTs Almaarif 01 Singosari, Drs. H. Zainuri, MA juga mengaku kagum dengan gelaran AKSI. Menurutnya, belum banyak Madrasah swasta yang mengadakan even besara semacam ini.

“Apalagi ini pesertanya tidak hanya dari Malang saja, tapi juga dari luar Malang,” ungkapnya.

Selain menggali potensi siswa, AKSI ini memang menjadi ajang promosi sekolah. Dimana peraih juara bisa mendapatkan voucher untuk masuk ke MTs Almaarif 01 Singosari.

“Sehingga sekolah ini bisa mendapatkan input siswa yang berprestasi. Baik akademik maupun non akademik,” pungkasnya.( Djoko W)

About The Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *