57 Ribu Lebih Kendaraan Masuk Malang dan Singosari

SorotMalang :  Menjelang Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Natatu) kondisi lalu lintas di pagi hari hingga sore terpantau padat. Pada hari Sabtu (23/12), total kendaraan masuk melalui tol Malang dan Singosari berjumlah 57 ribu lebih. Tepatnya 57.721 kendaraan yang masuk.

Namun malam hari, arus lalu lintas kendaraan terpantau landai. Seperti hasil pemantauan Malang Posco Media di simpang empat Karanglo, Minggu (24/12) malam. Terlihat petugas kepolisian standby di Pos Pantau Karanglo.

Kasatlantas Polres Malang, AKP Adis Dani Garta melalui Kepala Pos Pelayanan Karanglo, Ipda Dany Rizar mengatakan, pada hari Sabtu (23/12), total kendaraan keluar ke Pandaan dari Malang 47.309 kendaraan. Sedangkan, kendaraan masuk dari Pandaan ke Malang 39.121 kendaraan. Sementara, kendaraan yang keluar dari exit tol Singosari 21.699 kendaraan. Sebaliknya, kendaraan masuk ke Singosari 18.600 kendaraan.

“Untuk data hari ini (Minggu) baru bisa update besok (Senin),” ujarnya kepada Malang Posco Media.

Namun volume kendaraan, sambung Dany, mulai semenjak Minggu (24/12) pagi sekitar pukul 10.00 hingga pukul 16.00 sore, kondisi simpang empat exit tol Singosari dalam kondisi padat. “Mulai landai saat malam. Mungkin para wisatawan arah Batu sudah sampai tujuan,” sambung Dany.

Kepadatan arus lalu lintas juga terlihat sejak pagi di Jalan Raya Dinoyo Kota Malang ke arah Batu. Namun hingga malam, berdasarkan pantauan Malang Posco Media, sudah berangsur landai kendati padat saat dekat trafict light.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto menjelaskan, pada saat jalur keluar pintu exit tol Singosari dalam kondisi padat merayap kendaraan menuju Batu, petugas akan mengalihkan ke arah pintu Tol Pakis dan pintu Tol Madyopuro.

“Serta menyiapkan kantong-kantong parkir untuk bus-bus yang besar seperti yang berada di sekitar daerah UMM dan daerah lainnya sehingga, bus yang akan melewati tempat wisata, saat mereka melihat adanya kemacetan bisa standby dulu,” urainya, setelah Gelar Apel Operasi Lilin Semeru 2023 di Balai Kota Malang.

Ditambahkan Kombes Pol Budi Hermanto, bila petugas gabungan juga berpatroli di tempat wisata dimulai malam ini hingga Operasi Lilin Semeru 2023 dilaksanakan. Operasi Lilin Semeru dimulai sejak Jumat (22/12) hingga Senin (2/1). Namun dikatakan Budi akan dilanjutkan tiga sampai lima hari. Sebab, menunggu arus balik dari para wisatawan.

“Di pos PAM, posyan, dan pos mobile juga kami siagakan untuk mewaspadai cuaca panca roba, adanya pohon tumbang. Disampaikan juga kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan keselamatan jiwa raga maupun harta benda saat berkendara di jalan raya,” tandas Kapolresta Malang Kota.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Batu, AKP Ponsen Dadang Martianto belum dapat dihubungi saat untuk ditanyakan perihal kondisi arus lalin di wilayah Kota Batu. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *